Archive for July, 2007

Mengajar dan Guru

BAB I.

PENDAHULUAN

A. Latar Belakang Masalah

Mengingat mengajar pada hakekatnya merupakan upaya guru dalam menciptakan situasi belajar yang harmonis dan menyenangkan, maka diharapkan mampu menumbuhkan berbagai kegiatan belajar mengajar guru dengan perkataan lain proses belajar mengajar merupakan proses intraksi edukatif antara guru dengan siswa dengan menciptakan suasana belajar mengajar yang memberi respons terhadap usaha guru tersebut oleh sebab itu metode mengajar yang baik adalah metode yang dapat menumbuhkan kegiatan belajar bagi siswa. (more…)

July 22, 2007 at 5:45 pm Leave a comment

Dunia Pendidikan dan Komputer

Latar Belakang Masalah

Masusia memang tidak dapat dipisahkan dengan segala keaktifannya, baik yang membutuhkan perpindahan tempat yang relatif jauh maupun yang tidak begitu jauh. Hal tersebut kadang menyebabkan terganggunya jadwal kegiatan yang seharusnya dapat mereka kerjakan sesuai waktu dan tempat yang telah ditetapkan, seperti dalam hal ujian perkuliahan. Berdasarkan hal tersebutlah penulis mencoba menciptakan metode ujian yang lebih fleksibel terhadap tempat pengerjaan, dalam hal ini metode ujian yang dapat diakses dari berbagai tempat dalam suatu rentang waktu yang telah ditentukan.

Seperti telah diketahui bahwa awalnya konsep dari suatu pendidikan adalah terbentuknya suatu komunitas dimana mereka berkumpul pada waktu dan tempat yang sama serta saling bertukar informasi, konsep tersebut sedikit berubah seiring dengan berjalannya waktu, media informasi lain seperti surat, koran, radio, televisi, internet merupakan beberapa contoh media untuk mendapatkan informasi yang tidak mengharuskan bagi mereka untuk berada pada suatu tempat dan waktu yang sama lagi. (more…)

July 22, 2007 at 5:41 pm Leave a comment

ISLAMISASI ILMU KONTEMPORER

MELALUI tulisannya yang dimuat di situs ini (Aceh Institute) beberapa waktu lalu, Sahabat Mukhlisuddin Ilyas, S.Pd.I(Islamisasi Ilmu Pengetahuan) telah memaparkan secara global wawasan serta gagasan Islamisasi Ilmu. Sebuah apresiasi patut diberikan atas usahanya mengangkat wacana itu dalam tulisan mengingat ide yang mengemuka di kalangan pemikir Muslim sejak era 70-an itu masih dan tetap layak untuk dibahas serta dikaji dalam upaya bersama merajut sebuah peradaban yang berlandaskan nilai-nilai Islami.

Namun sedikit “catatan pinggir” sebagai tanggapan sekaligus koreksi perlu diberikan atas
sejumlah fallacy yang terdapat dalam tulisan tersebut, baik dalam mengutip pandangan pemikiran seperti Syed Muhammad Naquib Al-Attas, maupun dalam menyimpulkan konsep dasar serta latar belakang gagasan Islamisasi Ilmu.
(more…)

July 22, 2007 at 5:32 pm 1 comment

Pungli pada Tahun Ajaran Baru!

pungli5yy1.jpgWaspada !..!
Sekolah tidak diperbolehkan memungut biaya apa pun

Pada tahun ajaran baru ini orang tua murid siswa SD dan SMP diminta waspada terhadap pungutan liar (pungli) dalam jenis apa pun. Sebab, Pemprov DKI telah menetapkan tidak memungut biaya bagi siswa yang masuk sekolah pada tahun ajaran baru ini.

Wakil Kepala Dinas Pendidikan Dasar DKI Jakarta, Maman Ahdiyat, menyatakan sekolah tidak diperbolehkan memungut biaya apa pun pada orang tua murid. Baik saat penerimaan siswa baru maupun ketika masuk tahun ajaran baru, ujar dia, Rabu (20/6).
(more…)

July 21, 2007 at 6:15 pm Leave a comment

Konferensi 2.500 Pendeta Dibatalkan

CIANJUR–Setelah pertemuan hampir empat jam, akhirnya Konferensi Internasional Tri Tunggal Maha Kudus yang diikuti 2.500 pendeta di Lembah Karmel, Kec Sukaresmi, Kab Cianjur, yang rencananya digelar tanggal 25-29 Juli mendatang akhirnya dibatalkan.

Sementara itu pemerintah dan beberapa ormas Islam serta Majelis Ulama Indonesia (MUI) akan dilibatkan dalam tim investigasi perizinan kegiatan di Lembah Karmel.

Informasi yang diperoleh Republika pertemuan yang diadakan di Mapolres Cianjur yang dimulai sekitar pukul 09.00 WIB dihadiri oleh 50 perwakilan Ormas Islam dan pihak Lembah Karmel serta Bupati Cianjur, Tjetjep Muchtar Soleh. Pertemuan yang berakhir sekitar pukul 13.15 WIB tersebut akhirnya membuahkan hasil pembatalan acara konferensi atas kebijakan pihak Lembah Karmel.
(more…)

July 20, 2007 at 5:21 am Leave a comment

Konferensi Lembah Karmel Cianjur-Diprotes

Cianjur – Sedikitnya 1.000 orang bergerak menuju Lembah Karmel, Kampung Cikanyere, Kecamatan Sukaresmi, Kabupaten Cianjur. Mereka menentang pelaksanaan konferensi ‘Tritunggal Maha Kudus’. Polisi menghadang mereka.

Hingga pukul 14.30 WIB, Jumat (20/7/2007), massa yang tergabung dalam Konsorsium Umat Islam Kabupaten Cianjur itu sudah berada sekitar 100 meter dari Lembah Karmel, tempat akan digelarnya konferensi. Konferensi digelar 24-29 Juli 2007.

Massa bergerak seusai salat Jumat dari Masjid Siti Hajar yang terletak sekitar 1 KM dari Lembah Karmel. Sebagian besar dari mereka mengenakan baju koko. Selain massa dari Cianjur, massa dari Bandung juga ikut bergabung dalam aksi ini.
(more…)

July 20, 2007 at 5:15 am Leave a comment

Gantung Aja!

digantung.jpg

 

Sebuah poster bergambar baju koruptor yang basah dengan tulisan “jangan biarkan basah (more…)

July 17, 2007 at 10:16 pm Leave a comment

LEMBAH KARMELCIANJUR | WEST JAVA

lembah_karmel_westjava.jpgAPA LEMBAH KARMEL ITU? /

DIMANA LETAK LEMBAH KARMEL ITU? /where is karmel valley?
Letaknya di Desa…..Kabupaten Cianjur, dekat dengan Kota Bunga, Puncak, Cianjur, Jawa Barat

(lihat foto yang di ambil pada bulan Juni 2007, fresh from the oven)

APAKAH TANAH YANG DIPAKAI ADA IJIN DARI PEMERINTAH?

Kurang Lebih seluas 600 hektar tidak ada ijin resmi dari pemerintah daerah, ijinnya mana ??? tolong perlihatkan pada saya sebagai publik…kami punya hak untuk tau…kudu transparant dong…karena UU di indonesia tentang kepemilikan tanah kan gak boleh lebih dari 1(satu) hektar per nama, kok bisa kebobolan nih PEMDA Cianjur, boleh dong saya curiga pasti pake nyogok kepala BPN tuh…(mohon maaf kalo saya salah) soalnya kok Lembah Karmel ini bisa pake Tanah milik Perhutani untuk dibuat Goa Maria… soalnya fakta di lapangan begitu dan tidak ada aparat PEMDA yang menangani masalah ini….???

Soalnya aku punya info bahwa ada beberapa oknum kepala BPN yang bisa di sogok utk urus ijin masalah pertanahan, contohnya mantan Kepala BPN Bekasi yaitu Bapak. Iing yang sekarang sudah dipindah tugaskan di Kabupaten Kutai, udah dikasi duit 140 Juta oleh oknum Developer si Tomi Bungaran (orang kawanua tea, si belut) tapi gak beres-beres. (Allah Maha Tahu dari pada saya), maklum Dirut Developernya juga belut… namanya Tomi Bungaran.
(more…)

July 17, 2007 at 4:48 pm Leave a comment

Leganda Jambu Dipa – Cianjur

riva-cianjur-jambu.jpgBEGITU memasuki Desa Jambu Dipa yang terletak di Kecamatan Warungkondang, Kabupaten Cianjur, hamparan sawah terlihat hampir di setiap jengkal tanah. Tanaman padi yang tumbuh di areal persawahan itu terlihat subur dengan pengairan yang memadai.

Bagi warga desa tersebut, tanah adalah berkah Tuhan yang tak pernah henti mereka syukuri. Hampir setiap jengkal tanah di daerah itu luput dari bencana kekeringan tahunan. Sumber mata air yang keluar dari kaki Gunung Gede seakan tiada habisnya mengairi areal persawahan di desa tersebut.

Kesuburan tanah di daerah itu membuat Desa Jambu Dipa dikenal sebagai sentra produksi padi pandanwangi. Menurut Burhan, sejak dulu orang mengenal Jambu Dipa sebagai penghasil beras asli pandanwangi yang baunya harum dan rasanya enak. “Dulu orang suka bilang beras Jambu Dipa untuk membedakan beras pandanwangi produksi desa ini dengan beras pandanwangi produksi daerah lain di Cianjur. Karena memang rasanya lebih enak dibandingkan yang lain,” tuturnya.
(more…)

July 16, 2007 at 6:10 pm Leave a comment

Berjuang untuk Uang Makan dan Tunjangan

DERITA para guru seolah tiada akhir. Begitu beratnya bebannya, sehingga mereka bertekat memperjuangkan nasibnya, ke Ibu Kota sekali pun. Dalam audiensi dengan Komisi X DPR (bidang pendidikan), Senin (9/7) lalu, terungkap banyak kebijakan pemerintah yang merugikan para guru.

Tak heran bila akhirnya sebanyak 1.527 orang yang mewakili 300 ribu guru dari Jawa Timur harus datang ke Jakarta. Selain di DPR, sebagian dari mereka berunjukrasa di Departemen Pendidikan Nasional dan Departemen Keuangan.

Jumlah itu belum seluruhnya. Gelombang aksi guru dari sejumlah provinsi akan menyusul. Salah satu hal pokok yang disampaikan oleh perwakilan mereka, antara lain soal uang makan. Dalam Peraturan Menteri Keuangan Nomor 22/2007, didefinisikan PNS dimaksud adalah PNS dalam lingkup kementerian.
(more…)

July 14, 2007 at 9:34 pm Leave a comment

Older Posts Newer Posts


Blog Stats

  • 24,394 hits

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.